Umi, Ingatkan Anak untuk Tidak Menggunakan Senjata ketika Bergurau

Portalsaudaramuslim.com - BAGI anak-anak, bergurau merupakan hal yang lumrah. Namun seringkali gurauan tersebut menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Umi dan abi, disinilah tugas kita untuk mengingatkan anak-anak tidak bergurau secara berlebihan.

ilustrasi.com

Dewasa ini pertumbuhan anak lebih pesat dibandingkan pada zaman dahulu. Selain karena bantuan teknologi yang semakin canggih, perkembangan ilmu pengetahuan pun semakin berkembang pesat. Terkadang kita selaku orang tua lalai dalam memperhatikan mainan anak-anak. Tanpa kita sadari anak seringkali bermain dengan benda berbahaya atau bahkan senjata.
Ketika anak mulai bermain ataupun bergurau dengan benda berbahaya dan senjata, larang mereka untuk memainkannya. Ini sesuai perintah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.
Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Barang siapa yang mengacungkan besi kepada saudaranya, maka sungguh para malaikat melaknatnya sampai ia meninggalkan perbuatannya, meski yang diacunginya itu adalah saudara kandungnya. Malaikat melaknat orang yang melakukan hal tersebut walaupun hanya bercanda.” (HR. Muslim, Kitabullah Birri Waash shillah (4741)).
Tidak diragukan lagi bahwa larangan ini dimaksudakan untuk menghindari terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan, karena jika seseorang hanyut dan larut dalam guraunya, setan dengan mudah akan ikut campur tangan, lalu mengubah gurauan menjadi sungguhan. Dua keadaan tersebut tetap buruk dan menyakitkan serta membuka peluang bagi setan untuk menyalakan api permusuhan dan kebencian. Oleh karena itu Rasulullah melarang bergurau dengan mengacungkan senjata
Sumber : Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi/Karya : Syaikh Jamal Abdurrahman/Penerbit : Aqwam Jembatan Ilmu

Umi, Ingatkan Anak untuk Tidak Menggunakan Senjata ketika Bergurau Umi, Ingatkan Anak untuk Tidak Menggunakan Senjata ketika Bergurau Reviewed by Akses Rupiah on Februari 10, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.