Setujukah Jika Acara "Dahsyat" RCTI diberhentikan?


Pernyataan pedangdut cantik dan seksi, Zaskia Shinta alias Zaskia Gotik yang melecehkan lambang negara dalam program acara Dahsyat Selasa (15/03/2016) lalu langsung menuai kecaman, bahkan peringatan keras dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Meskipun pihak RCTI dan Zaskia Gotik sudah menyatakan minta maaf, akan tetapi proses terhadap sanksi acara tersebut tetap berjalan.

Seperti diketahui, KPI Pusat memanggil pihak RCTI terkait pernyataan Zaskia Gotik. Dalam pertemuan yang digelar kemarin (17/03/2016), RCTI diwakili bagian produksi program Dahsyat yakni Sambodo dan Jahja I Rianto (Opa) serta Corporate Secretary.

Sebagaimana dilansir situs resmi KPI, pihak RCTI menyampaikan permohonan maaf dan memberikan penjelasan mengenai kasus Zaskia Gotik kepada Anggota KPI Pusat Agatha Lily dan Sujarwanto Rahmat Arifin.

Menurut RCTI, pernyataan pedangdut dengan ciri khas Goyang Itik itu murni di luar skenario. “Kami sangat terkejut dengan jawaban Zaskia dan langsung menegur keras Zaskia untuk segera menyampaikan permintaan maaf,” kata Opa.

Keesokan harinya Zaskia meminta maaf secara langsung kepada masyarakat Indonesia disela-sela program acara Dahsyat pada Rabu (16/3). Dalam pernyataannya, Zaskia Gotik mengaku menyesal dan memohon maaf kepada masyarakat dan juga negara.

Dirinya mengaku tidak sengaja dan di luar kesadaran saat melontarkan jawaban tersebut. Sementara itu, KPI melalui Koordinator bidang isi Siaran KPI Pusat, Agatha Lily menegaskan apa yang dinyatakan Zaskia Gotik sangat menghina dan melecehkan kehormatan lambang negara.

Zaskia disebut tidak menghargai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dengan berkata tidak layak. Menurutnya, komentar tersebut sangat tidak pantas.

“Artis – artis yang sering salah bicara dan melakukan pelanggaran sangat riskan kalau terus siarkan secara live,” ucap Lily sebagaimana yang dikutip juga dari Kompas.

Tetap kena sanksi

Meski sudah meminta maaf, KPI tetap mengambil langkah tegas dengan menjatuhkan sanksi teguran kepada acara Dahsyat RCTI. “‎Ini adalah merupakan teguran terakhir, jika pelanggaran kembali terjadi maka program tersebut akan kami hentikan kembali,” tegas Lily.

Dalam kesempatan tersebut, pihak RCTI juga menyatakan akan menyiarkan permintaan maaf Zaskia Gotik pada program acara lain sebagai bentuk tanggung jawab RCTI.

Note:
- Sebetulnya acara ini adalah acara yang tidak mendidik. Dahsyat adalah acara lawak yang diwarnai buli-bulian dengan ditutup-tutupi oleh selingan musik. Banyak candaan (buli) yang sepatutnya tidak di lontarkan oleh para pelawak diacara tersebut. Dan acara ini selayaknya memang tidak ditonton oleh siapapun. Efek dari tayangan ini adalah, banyaknya buli-bulian yang dipraktekkan dikehidupan nyata karena mengikuti pujaannya.

- Jika memang ini adalah acara musik, sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan acara yang sama pada zaman dahulu, yaitu acara MTV Ampuh. Yang mana pada acara tersebut memang benar-benar membicarakan tentang musik. Sehingga pada saat itu memang banyak muda mudi Indonesia yang terinspirasi dengan acara tersebut.

- Dahsyat adalah acara ajang pamer harta kekayaan dari para Host nya. Sedangkan berbeda jauh jika kita lihat dari sisi penontonnya.
Setujukah Jika Acara "Dahsyat" RCTI diberhentikan? Setujukah Jika Acara "Dahsyat" RCTI diberhentikan? Reviewed by Akses Rupiah on Maret 24, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.