Terserang Penyakit Tinggi Hati, Segera Obati dengan Cara Ini


Pada dasarnya setiap manusia memiliki hati yang bersih dan suci. Namun, yang membuat hati itu menjadi kotor dan berubah menjadi hitam akibat ulah diri kita sendiri yang tidak mau mematuhi perintah Allah SWT. Salah penyakit yang menyerang hati ialah tinggi hati. Di mana sifat itu termasuk dalam kategori tercela, hingga membuat hati mati rasa. Oleh sebab itu, kita harus segera mengobatinya. Bagaimana caranya?

Mengobati hati dari penyakit tinggi hati bisa dilakukan dengan dua cara, yakni muhasabah (intropeksi diri) dan menyelisihi sifat tinggi hati.

Muhasabah dalam hal ini ada dua macam.

Pertama, muhasabah sebelum bertaubat. Seperti halnya,

1. Apakah perbuatan ini mampu ia lakukan?

2. Apakah melakukan perbuatan ini lebih baik baginya daripada meningglkannya?

3. Apakah perbuatan tersebut ditujukan untuk mencari ridha Allah?

4. Apakah perbuatan ini memerlukan pendukung, dan apakah ia sudah memiliki pendukung yang akan menolongnya? Jika jawabannya ‘ada’, maka laksanakan. Namun, jika jawabannya ‘tidak ada’, maka jangan mencobanya.

Kedua, muhasabah setelah berbuat. Seperti halnya,

1. Muhasabah diri atas ketaatan yang di dalamnya ia mungkin mengurangi hak-hak Allah dan tidak menjalankannya sesuai dengan yang dituntut. Di antara hak-hak Allah ialah ikhlas, saling menasihati, mengikuti tuntunan Rasul, memerhatikan petunjuk-petunjuk kebaikan, memerhatikan nikmat-nikmat Allah, serta memerhatikan sikap kelalaian sesudah itu semua.

2. Muhasabah diri atas setiap amalan yang meninggalkannya lebih baik baginya daripada mengerjakannya.

3. Muhasabah diri atas perkara-perkara mubah atau yang biasa dilakukan yang tidak dikerjakan; apakah perkara tersebut ditinggalkan karena mencari ridha Allah dan kebahagiaan negeri akhirat sehingga ia beruntung, ataukah hanya mencari keuntungan dunia sehingga ia merugi.

Jadi, hendaknya yang pertama kali kita lakukan adalah muhasabah diri atas perkara-perkara fardhu (wajib), lalu melengkapinya jika masih kurang. Setelah itu, melakukan muhasabah atas perkara-perkara yang dilarang. Jika diketahui bahwa perkara-perkara yang dilarang masih sering diterjang, hendaklah segera disusul dengan bertaubat dan beristighfar. Setelah itu, muhasabah diri atas amalan-amalan yang telah dilakukan anggota badan dan juga atas kelalaian diri.

Sumber: islampos
Terserang Penyakit Tinggi Hati, Segera Obati dengan Cara Ini Terserang Penyakit Tinggi Hati, Segera Obati dengan Cara Ini Reviewed by Akses Rupiah on Maret 18, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.